INSTAL LINUX (UBUNTU / DEBIAN / BACKTRACK) di ANDROID

Menjalankan linux (ubuntu, backtrack, debian) di android - Backtrack adalah salah satu OS pentesting yang banyak diminati, baik oleh para pemula maupun orang yang sudah lama bergelut di dunia hacking. karena aplikasi didalamnya sudah lengkap dengan tools-tools hacker, serta tutorialnya pun sudah banyak menyebar di internet. sedangkan Ubuntu dan Debian adalah os desktop yang sangat populer baik untuk pemula maupun yang sudah master. pada awalnya backtrack, ubuntu maupun debian hanya dikhususkan untuk pc/laptop, tapi seiring perkembangan gadget/smartphone yang sangat cepat, sekarang ketiganya sudah bisa dijalankan di smartphone yang ber os android.

jalankan linux di android
Maksud di instal disini yaitu menjalankannya melalui aplikasi virtual atau semacamnya, jadi disini android anda tidak akan tertimpa oleh os linux dan tidak pula terdual boot, tetapi hanya dijalankan melalui virtual sama halnya ketika anda menggunakan virtual box untuk menjalankan os  lainnya di komputer anda.

Setelah mendapatkan beberapa arahan dari teman facebook akhirnya sayapun dapat menjalankan os linux di perangkat android saya. Adapun linux yang terinstal di hp saya yaitu backtrack karena memang saya penggemar os Pentesting. Jadi disini tutorialnya menggunakan Backtrack, namun semua caranya sama dengan os linux lainnya.


spesifikasi minimum
1. Hp android dengan kapasitas minimum 1Ghz prosesor
2. Ram minimum 512 mb (disarankan 1GB)
3. Ponsel yang Telah di root (anda bisa lihat cara root android di artikel saya sebelumnya DISINI)
4. Sdcard atau Memori Internal dengan minimal kapasitas 3.5 gb free atau tergantung dari besar kapasitas android yang anda download setelah di ekstrak.


tools yang dibutuhkan
  • Complete Linux, untuk download semua bahan untuk instal linux di android--> Download Melalui PlayStore.
  • Linux yang akan di instal di android (ubuntu, debian, backtrack/kali linux, fedora, open suse), bisa didownload dari complete linux atau langsung download di web nya linux on android (pilih salah satu linux yang ingin anda download).
  • Script SH --> Download
  • BusyBox, SuperSU, Terminal Emulator, Remote Vnc --> Download
Baca Juga: Cara Membuka Situs/Web Yang Diblokir Di Perangkat Android.

catatan: Sebenarnya anda bisa dengan mudah menjalankan linux lewat aplikasi Complete Linux Installer, namun saya ingin anda mengerti prosesnya sehingga saya membuatkan tutorial yang sedikit lebih rumit yaitu dari proses awal hingga sampai linux jalan di android anda.

Cara Menjalankan atau Instal Linux (Ubuntu / Debian / Backtrack) di Handphone Android:


1. disini saya sudah anggap android anda sudah di root, jika belum silahkan kembali ke google dan cari kembali cara root android anda. Atau lihat artikel saya lainnya yang membahas Cara Root Semua Tipe Hp Android.

2. instal semua apikasi yang sudah di download diatas ke android anda

3. ekstrak linux untuk android (backtrack / debian / ubuntu), karena yang saya download adalah backtrack, maka setelah di ekstrak menjadi backtrack.img

4. ekstrak boot script. karena yang mau saya instal backtrack maka boot script yang saya pilih adalah backtrack.sh

5. buatkan folder di /sdcard dengan nama "linux" dan copy linux untuk android dan boot script yang sudah di ekstrak ke folder yang tadi sudah dibuat di sdcard

file backtrack di android

6. jalankan terminal emulator dan ketik

su
cd /sdcard/linux
sh backtrack.sh --->ketikkan sesuai boot script yg anda ingin instal, misalnya ubuntu.sh/debian.sh

7. jika anda disuruh masukkan password unix, maka masukkan password sesuai keinginan anda (ini akan menjadi password linux anda), dan jika disuruh masukkan password vnc masukkan sesuai keinginan anda (password ini akan digunakan untuk masuk di remote vnc). dan jika ada pilihan y/n, maka pilih saja y dan enter. dan jika ditanyakan screen size masukkan ukuran layar anda (contoh 800x480 atau 1024x600)
catatan: saya sarankan password unix dan password vnc di samakan saja agar lebih memudahkan ketika akan memasukkan password

8. tunggu beberapa saat hingga muncul root@localhost:/# , jika sudah mucul berarti anda sudah bisa menjalankan linux lewat command line

terminal emulator android


9. terminal emulator di minimize dulu atau tekan tombol home (jangan keluar dari terminal emulator, cukup di minimize) kemudian masuk di remote vnc. masukkan:

host     : 127.0.0.1
port     : 5900
password : sesuai dengan yang anda masukkan di nomor 7 (password utk vnc)

setting remote vnc android


sekarang anda sudah bisa menjalankan linux di android anda... selamat mencoba... CMIIW

Baca Juga: Cara Menjalankan Android di PC dengan Bluestacks.

Update: Sekarang sudah ada beberapa tambahan linux yang support dijalankan di smartphone ber os android, yaitu Arch Linux, Fedora, Open Suse dan Kali Linux. Anda bisa menginstalnya dengan mengikuti petunjuk dari Aplikasi Complete Linux yang sudah anda download sebelumnya. Selamat Instal Linux di Smartphone Android anda.

Related Search: Backup APK + DATA di android, Dual Boot Ubuntu dan Android, Cara Kalibrasi Baterai Smartphone Android

Ditulis oleh: opick sinuxcom 0p1ck Blog Tekno Updated at : 12:47